BUMN Tak Gentar Meski China Mulai Masuk Ke Papua
Dian Ardiansyah Aug 25, 2017 0 Comments

BUMN Tak Gentar Meski China Mulai Masuk Ke Papua

Jakarta, BisnisPro.Id, – Perushaaan investor asal China terlihat sangat konsisten dalam berinvestasi di Indonesia, tidak hanya di Jawa bahkan mereka merambah Kalimantan dan Papua.

Akan tetapi Direktur Utama PT Semen Tonasa Subhan merasa tak risih dengan pergerakan perusahaan semen asal China dan perusahaan swasta lainnya yang mulai berekspansi ke wilayah Timur Indonesia.

“Setiap daerah punya brand (pasar) masing-masing. Misalnya Kaltim, itu market leader ya pasti kami,” ujarnya saat berbincang dengan Kompas.com di Timika, Papua, Rabu (23/7/2017).

Selama ini, wilayah Timur Indonesia memang menjadi pasar terbesar bagi PT Semen Tonasa yaitu Sulawesi, Kalimatan, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Perusahaan BUMN ini sudah menguasai sekitar 40 persen  pasar di wilayah Indonesia Timur.

Di Papua saat ini, Tonasa sudah melakukan berbagai sinergi dengan perusahaan BUMN lain untuk menurunkan harga semen di Puncak Jaya dan Wamena. Diharapkan, hal itu mampu memperbesar pangsa pasar semen Tonasa di Papua.

PT Semen Tonasa setiap tahunnya memasok semen ke Papua mencapai 700.000 ton. Sementara realisasi Januari-Juli 2017 baru mencapai 288.000 ton dan akan lebih meningkat di semester kedua.

Subhan optimistis bisnis Semen Tonasa di wilayah Indonesia Timur bisa semakin berkembang besar diiiring adanya holding BUMN semen di bawah langsung Semen Indonesia.

Menurutnya, PT Semen Tonasa bisa memperoleh keuntungan dari holding semen BUMN itu. karena disaat perusahaan mengalami kelebihan produksi bahan dasar semen (klinker), barangnya bisa dijual ke Semen Indonesia.

Selain itu, perusahaan-perusahaan plat merah di bawah holding Semen Indonesia bisa saling sharing fasilitas satu sama lain.

“Di daerah yang sudah ada fasiltas Semen Indonesia, kami enggak usah bangun lagi,” tambah Subhan.

Pangsa pasar produk holding Semen Indonesia saat ini mencapai 43 persen secara nasional dan jumlah produksinya berjumlah sekitar 30 persen dari total kemampuan produksi semen nasional yang mencapai 100.000 ton.

Selain menjajal pasar di nasional, PT Semen Tonasa juga menjual produknya di pasar internasional dengan mengekspor 15 persen produknya ke Timor Leste, Filipina. Banglades, dan Australia.

Saat ini produksi PT Semen Tonasa sendiri ditargetkan dapat mencapai 7 juta ton. Karena keberhasilan produksi perusahaan yang bermarkas di Makassar itu mencapai 6,7 juta ton, maka tahun ini diharapkan lebih.

Leave a Reply

Leave a facebook comment