Tunjukan Komitmen Serius , Glaxo Smith Kline Investasi Rp69 Miliar ke Indonesia
Dian Ardiansyah Sep 5, 2017 0 Comments

Tunjukan Komitmen Serius , Glaxo Smith Kline Investasi Rp69 Miliar ke Indonesia

Jakarta, BisnisPro.Id, – Glaxo Smith Kline Consumer Healthcare (GSK) telah menambahkan investasinya senilai 4 juta poundsterling atau senilai dengan Rp 69 miliar di Indonesia.

Investasi yang diberikan merupakan perjanjian strategis manufaktur dengan Li & Fung Beauty (LFB) untuk unit produksi dan menyuplai produk Sensodyne. setelah sebelumnya dalam 24 bulan terakhir, GSK telah berinvestasi 13,2 juta poundsterling atau senilai Rp228 miliar di Indonesia, dan juga sudah mulai melebarkan wilayah investaisnya ke fasilitas manufaktur di Pulogadung.

Hal ini merupakan langkah positif karena sebelumnya GSK sudah menyerap sekitar 1300 tenaga kerja di Indonesia termasuk para tenaga kerja didalam fasilitas manufaktur.

“Pengumuman hari ini, bersamaan dengan ekspansi fasilitas kami di Pulogadung, menunjukkan komitmen GSK dalam mentransfer pengetahuan yang lebih maju guna memperkuat kemampuan teknologi dan mengembangkan talenta lokal untuk meningkatkan akses pada solusi inovatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” ungkap President Director GSK Consumer Healthcare Indonesia Pawan Sud, diketahui dalam siaran persnya, Selasa 5 September 2017 lalu.

Didalam perjanjian investasi baru tersebut, LFB Beauty akan membangun fasilitas untuk unit produksi pasta gigi GSK di Indonesia. Fasilitas unit produksi tersebut memiliki luas sampai dengan luas 3.700 m2 yang terletak di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur tersebut akan menggunakan bahan baku yang berasal dari lokal sebanyak mungkin untuk proses unit produksi dan diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi penyimpanan untuk menghasilkan 20 juta produk Sensodyne pada 2020.

Fasilitas unit produksi ini rencananya akan memiliki sertifikasi halal dan dibangun sesuai standar global Good Manufacturing Practice (GMP). Selanjutnya, fasilitas tersebut juga didisain untuk pemenuhan standar tertinggi dalam sertifikasi Leadership in Energy & Environmental Design (LEED) untuk penghematan energi, efisiensi air, dan pengurangan emisi karbon dioksida seklaigus memelihara kualitas produk yang diunggulkan pasar dan produksi yang berkelanjutan untuk Sensodyne.

“Kami yakin fasilitas yang tersertifikasi halal ini tidak hanya akan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia, namun juga mengembangkan kemampuan lokal dan keahlian talenta lokal sektor manufaktur di Indonesia,” ujar President LF Beauty, Gerard Raymond.

Perlu diketahui LF Beauty telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 40 tahun dengan fokus di bidang manufaktur yang berkelanjutan, yang juga mengoperasikan sebuah fasilitas yang tersertifikasi LEED Thailand.

Perusahaan induk dari LF Beauty, yakni Li & Fung, adalah mitra solusi rantai suplai ternama di dunia. Berpengalaman selama 111 tahun dan telah hadir di lebih dari 40 negara di dunia. Pada 2016, Li & Fung mengekspor barang dengan nilai lebih dari 632 juta poundsterling (Rp10,934 miliar) dari Indonesia.

“Fasilitas baru ini, yang dibangun LF Beauty untuk GSK, akan memproduksi sebuah merek terkemuka di dunia dan salah satu produk yang paling inovatif. Ini merupakan bukti dari iklim manufaktur berkelanjutan dan ekonomi terbuka Indonesia yang terus berkembang,” ujar Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) Indonesia Thomas Lembong.

Thomas menambahkan, BKPM sangat senang terkait  kerja sama investasi yang bernilai besar,  sehingga dapat membuka jalan bagi pengembangan talenta lokal. kerjasama investasi ini merupakan buah dari hasil dari pertemuan Presiden Jokowi dengan GSK di London tahun lalu, proyek ini fokus menjalankan dan melaksanakan visi pemerintah Indonesia untuk menjadi situs utama pengembangan manufaktur farmasi yang inovatif.

Richard Graham, selaku Utusan Dagang Perdana Menteri Inggris untuk Indonesia, Malaysia, Filipina dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mengatakan “Investasi terbaru GSK di Indonesia merupakan pemenuhan janji kepada Presiden Joko Widodo dalam kunjungan beliau ke London di 2016 dan menunjukkan komitmen yang terus berlanjut sebagai perusahaan besar Inggris di Indonesia melalui penciptaan lapangan pekerjaan baru dan transfer keterampilan. Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada GSK dan mitra lokalnya, LF Beauty, serta harapan agar bisnis mereka terus berhasil,”

Disamping fasilitas unit produksi pasta gigi baru tersebut, GSK telah menambah fasilitas yang telah ada di Pulogadung untuk keseluruhan proses produksi dan sebagai pendukung pertumbuhan dari beragamnya rangkaian produk kesehatan konsumen dan farmasi GSK, termasuk terkait produksi produk-produk unggulan yang  sudah terkenal luas secara global seperti Panadol, Actifed, dan Ventolin.

Leave a Reply

Leave a facebook comment