Presiden Resmikan Ruas Tol Jombang-Mojokerto
Dian Ardiansyah Sep 11, 2017 0 Comments

Presiden Resmikan Ruas Tol Jombang-Mojokerto

Jakarta, BisnisPro.Id, – Presiden Joko Widodo kemarin meresmikan ruas Tol baru Jombang – Mojokerto pada 10 September 2017.

Dalam peresmiannya, Jokowi mengatakan bahwa pembangunan berbagai infrastruktur seperti jalan Tol merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di suatu negara dan untuk bersaing dengan negara lain.

“Kalau tidak segera dibangun, biaya menjadi mahal dan kita kalah bersaing dengan negara lain,” kata Jokowi, dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Minggu.

Jalan Tol yang  di kelola oleh PT Marga Harjaya Infrastrutur (ASTRA Infra toll road). Keterlibatan PT Marga Harjaya (MHI) Infrastruktur sebagai bukti untuk bentuk perusahaan swasta berperan dalam pembangunan infrastruktur nasional.

Tol Jombang-Mojokerto ini rencananya akan menghubungkan Kabupaten Jombang dengan bagian utara Kabupaten Mojokerto bertempat di Desa Penompo. Tol sepanjang 40,5 kilometer kini telah selesai pembangunannya pada agustus 2017 kemarin setelah pembangunan seksi 2, 3 dan 4 telah selesai.

Selain Presiden Joko Widodo, turut hadir Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yaitu Basuki Hadimuljono, Sekertaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Direktur Astra Internasional Paulus Bambang Widjanarko dan Presiden Direktur PT Astatel Nusantara yaitu Irawan Santoso.

Sebelumnya Presiden Direktur PT MHI Wiwiek D Santoso berterimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung penyelesaian pembangunan Tol Jombang-Mojokerto, diharapkan telah beroperasinya Tol Jombang-Mojokerto ini dapat memicu gerak pertumbuhan ekonomi rakyat banyak.

“Sebagai bagian tol Trans Jawa, ruas jalan tol ini diharapkan dapat menjadi jalur alternatif untuk mengurai kepadatan lalu lintas di beberapa titik seperti di bypass Mojokerto (simpang empat Mertex hingga simpang lima Kenanten) dan pertigaan Mengkreng. Di sana merupakan tempat pertemuan jalur dari 3 wilayah (Nganjuk, Kediri dan Jombang),” ujar Wiwiek.

Beroperasi Bertahap

Tol Jombang-Mojokerto ini akan beroperasi secara bertahap. Seksi 1 sepanjang 14,7 kilometer pada Oktober 2014, lalu seksi 3 sepanjang 5 kilometer yang sudah berjalan pada November 2016.

Seksi 19,9 kilometer dan seksi 4 sepanjang 0,9 kilometer beroperasi sudah berjalan dari bulan september 2017. Total ada 4 gerbang tol di sepanjang Tol Jombang-Mojokerto ini, terdiri dari gerbang Tol Jombang (Desa Pesantren), gerbang Tol Bandar (Desa Kayen), gerbang tol Mojokerto Barat (Desa Pagerluyung) dan gerbang Tol Mojokerto (Desa Penompo).

Leave a Reply

Leave a facebook comment