BTN Luncurkan Sistem Pembayaran QR Pay Pada Akhir Tahun Ini.
Dian Ardiansyah Sep 18, 2017 0 Comments

BTN Luncurkan Sistem Pembayaran QR Pay Pada Akhir Tahun Ini.

Jakarta, BisnisPro.Id, – Sistem pembayaran baru Quick Respon (QR Pay rencananya akan segera diluncurkan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN Pada kuartal ke empat pada tahun ini. Rencananya sistem ini akan menggantikan sistem pembayaran Electronic Data Capture (EDC) yang saat ini sering digunakan.

“Kami sedang mengajukan lisensinya ke Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kami harapkan bisa segara diperkenalkan pada kuartal IV tahun ini,” ujar Direktur Utama BTN Maryono dalam keterangan resmi, hari Minggu.

Maryono mengungkapkan, keunggulan fitur QR Pay saat ini adalah kemampuannya dalam mengakses Aplikasi BTN digital Solutuions merupakan fitur pemindai quick respon code yang menggunakan ponsel pintar.

Perkembangan teknologi sistem QR Pay ini akan mempermudah akses BTN terhadap informasi data ritel yang sedang berkembang pesat. Salah satu syarat penggunaan QR Pay ini adalah pengguna harus terlebih dahulu menjadi Nasabah BTN.

Menurut pendapatnya, aplikasi ini memudahkan merchant dan nasabah dalam melakukan transaksi jual beli dan diperkirakan transaksi QR Pay akan mencapai target 170ribu transaksi senilai Rp 5 Miliar dalam tahun pertamanya.

“Selain menjadi pendapatan non bunga, QR Pay bisa menurunkan biaya pengadaan alat gesek kartu atau electronic data capture,” kata Maryono.

Maryono menambahkan, kalangan perbankan akan terus berinovasi dengan perkembangan dunia digital dengan fokus pada layanan transaksi yang dibutuhkan nasabah dan transaksi e-commerce. Hingga saat ini transaksi melalui electronic banking sudah mencapai 90 persen dibanding dioutlet.

Direktur Jaringan & Distribusi Bank BTN Budi Satria menilai saat ini pihaknya sedang mendalami kerja sama dengan berbagai merchant untuk dalam rangka menyukseskan peluncuran QR Pay. Selanjutnya BTN juga terus mengedukasi nasabahnya agar memanfaatkan layanan mobile banking perseroan.

Bisa diketahui mobile banking yang di lakukan oleh nasabah BTN baru mencapai 600 ribu dari total nasabah BTN yang memiliki total 6 juta nasabah. Target tahun ini diharapkan ada sekitar 1,2 juta nasabah yang melakukan mobile banking.

“Kami harapkan ada kenaikan 100 persen,” katanya. (kf)

Leave a Reply

Leave a facebook comment