WSKT Tetap Divestasikan 10 Ruas Tol Meski dalam Format Berbeda
Dian Ardiansyah Sep 22, 2017 0 Comments

WSKT Tetap Divestasikan 10 Ruas Tol Meski dalam Format Berbeda

Jakarta, BisnisPro.Id – Manajemen PT Waskita Karya Tbk (WSKT) tetap melanjutkan divestasi 10 ruas tol yang dioperasikan PT Waskita Toll Road (WTR), anak usaha WSKT di bidang pengoperasian jalan tol, kendati dalam bentuk yang berbeda.

Saat ini, manajemen WSKT sedang mempertimbangkan penggabungn ketujuh ruas tol tersebut (sebagian besar adalah bagian dari tol Trans Jawa) dalam satu paket. Sementara tiga ruas tol lainnya akan dijual terpisah dan dinegosiasikan langsung dengan calon pembeli.

Tiga dari ketujuh ruas tol yang digabungkan dalam satu paket tersebut akan selesai pembangunannya pada akhir 2017. Sedangkan pembangunan empat ruas tol lainnya dijadwalkan selesai pada Mei 2018.

“Jika skema ini gagal, maka saham WTR akan ditawarkan kepada investor publik melalui Penawaran Umum Perdana Saham (PUPS) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada semester pertama 2018,” ujar M. Choliq, Direktur Utama WSKT, di Jakarta, Jumat (22/09/2017).

Choliq mengemukakan, PUPS itu dapat dilakukan secara mandiri oleh WTR maupun melalui penggabungan aset ruas tol WTR dengan berbagai ruas tol yang dimiliki PT Jasa Marga Tbk (JSMR) pada jaringan tol Trans Jawa.

Untuk mengembangkan ruas tol berikutnya, WSKT hingga 2019 membutuhkan investasi bernilai Rp120 triliun. Rinciannya, sebesar Rp40 triliun dibiayai oleh dana kas internal dan sisanya melalui utang.

Choliq menuturkan, pembiayaan yang berasal dari dana kas internal akan menggunakan dana internal yang ada saat ini senilai Rp16 triliun. Itu terdiri dari dana kas yang tersedia sebesar Rp8 triliun, sindikasi kredit perbankan Rp5 triliun serta dari penerbitan obligasi baru-baru ini bernilai Rp3 triliun.

Sementara itu, demikian Choliq, sisanya berasal dari pembayaran serah terima proyek bernilai Rp30 triliun dari WSKT kepada pemilik proyek yang akan dilakukan pada akhir 2018. (AS)

Leave a Reply

Leave a facebook comment