SMF Tengah Kaji Berbagai Opsi untuk Raih Pendanaan Jangka Panjang
Dian Ardiansyah Oct 10, 2017 0 Comments

SMF Tengah Kaji Berbagai Opsi untuk Raih Pendanaan Jangka Panjang

Jakarta, BisnisPro.Id – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) kini sedang mengkaji beberapa cara untuk memperoleh pendanaan jangka panjang berbiaya bunga rendah. Pendanan itu akan digunakan untuk membiayai tagihan KPR dari bank penyalur KPR yang bekerjasama dengan SMF.

“Untuk memperoleh pendanaan tersebut, kami dapat melakukan tiga opsi, yaitu penerbitan obligasi reguler, bisa pula dengan penerbitan Efek Beragun Aset Surat Partisipasi (EBA-SP), atau kemungkinan lainnya adalah penerbitan obligasi global berdenominasi rupiah,” ujar Heliantopo Direktur Pembiayaan dan Sekuritisasi SMF, di Jakarta, Senin (09/10/2017).

Heliantopo menuturkan, pihaknya akan terus mencari sumber dana yang berbunga kompetitif. Jadi dalam penerbitan ini, ada dua masalah yang dihadapi, yaitu mengenai besarnya nilai nominal pendanaan tersebut dan besarnya biaya bunga.

Heliantopo mengungkapkan, pihaknya akan terus membuka berbagai peluang yang ada untuk memperoleh pendanaan jangka panjang. Salah satu opsi yang sangat memungkinkan untnuk saat ini adalah penerbitan obligasi global berdenominasi rupiah.

“Saat ini, kami sedang mempelajari kemungkinan untuk menerbitkan obligasi global berdenominasi rupiah. Kami juga sedang mencari waktu yang tepat untuk menerbitkan obligasi jenis ini,” tukas Heliantopo.

Heliantopo mengungkapkan, opsi tersebut masih tergantung pada kebutuhan likuiditas perseroan. Pihaknya kini sedang menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2018.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui proyeksi kebutuhan serta ketersediaan likuiditas untuk memenuhi pembiayaan perumahan. Mungkin saja, SMF tahun depan menerbitkan obligasi global berdenominasi rupiah. Itu tergantung likuiditas SMF dengan memperhitungkan peluang investor global terhadap Indonesia.

“Kalau obligasi global oke dan kita hitung-hitung masuk, ya kita jalankan. Kita saat ini tengah mengamati proses penerbitan obligasi global Bond berdenominasi rupiah milik PT Jasa Marga Tbk,” pungkas Heliantopo. (AS).

Leave a Reply

Leave a facebook comment