Jasa Marga Takkan PHK Petugas Gardu Tol
Adri Muhammad Oct 15, 2017 0 Comments

Jasa Marga Takkan PHK Petugas Gardu Tol

Jakarta, BisnisPro.id – Direksi PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memutuskan untuk tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagi para petugas gardu jalan tol yang dikelola dan dioperasikan perseroan menyusul pemberlakuan elektronifikasi jalan tol.

Ahmad Irfan Nasution, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja BUMN, menghargai keputusan Direksi Jasa Marga tersebut. Pasalnya, itu adalah kejadian langka. Biasanya, setiap ada kebijakan alih tenaga dari tenaga manusia ke tenaga mesin pasti berujung PHK.

Bahkan Irfan mengkoreksi ungkapan seorang pimpinan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang sempat menduga bahwa elektronifikasi tol tersebut berpotensi pada PHK karyawan Jasa Marga.

Setelah mengetahui keputusan Direksi Jasa Marga Tersebut, Irfan langsung mengkonfirmasi ke pimpinan KSI bahwa dugaan tersebut tidak benar. Bahkan, Irfan merasa salut kepada Direksi Jasa Marga yang memperhatikan para pekerja gerbang tol tersebut.

Para pekerja tersebut akan dimutasi atau alih profesi sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Fasilitas yang dilakukan direksi inilah yang dianggap Irfan sebagai sejarah baru dunia buruh di Indonesia.

“Kondisi seperti ini jarang terjadi di BUMN. Ini sangat langka. Kami serikat pekerja sinergi BUMN mengapresiasi langkah manajemen BUMN, dalam hal ini Jasa Marga. Ini artinya terdapat kemitraan yang harmonis di antara pekerja,” ujar Irfan di Jakarta, Sabtu (14/10/2017)

“Prinsipnya, kami mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) pada transaksi tol. Ini menjadi salah satu upaya untuk mengefektifkan transaksi tol sehingga dapat mengurangi kemacetan,” pungkas Irfan. (AS/AM)

Leave a Reply

Leave a facebook comment