IPC Terminal Petikemas dan Prima Indonesia Sepakat Bentuk Perusahaan Patungan
Dian Ardiansyah Dec 22, 2017 0 Comments

IPC Terminal Petikemas dan Prima Indonesia Sepakat Bentuk Perusahaan Patungan

Jakarta, BinsisPro.Id – PT IPC Terminal Petikemas dan PT Prima Indonesia Logistik menandatangani perjanjian untuk membuat sebuah perusahaan patungan guna mengembangkan dan mengelola serta mengoperasikan Terminal Petikemas di Batu Ampar, Batam.

“Pelindo berharap mengoperasikan lagi satu fasilitas layanan petikemas secara profesional dan handal sehingga dapat menghubungkan perdagangan domestik dan internasional secara terintegrasi. Itu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan logistik nasional,” papar M Adji, Direktur Utama PT IPC Terminal Petikemas, di Jakarta, Jumat (22/12/2017).

PT IPC Terminal Petikemas, yang merupakan anak usaha Pelindo II, diberi tugas untuk mengelola dan mengoperasikan beberapa terminal petikemas di lingkungan Pelindo II. Diantaranya di Cabang Pelabuhan Panjang, Palembang, Jambi, Teluk Bayur, Pontianak serta kegiatan behandle di area Common Gate, Kalibaru Pelabuhan Tanjung Priok.

PT IPC Terminal Petikemas adalah salah satu pemegang saham mayoritas perusahaan NPCT1 (New Priok Container Terminal) yang beroperasi sejak Agustus 2016.

Adapun PT Prima Indonesia Logistik adalah anak usaha PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) yang merupakan pemisahan dari Belawan Logistic Centre pada 2014. Perseroan memiliki izin operasi Badan Usaha Angkutan Multi Moda (BUAM).

Saat ini, PT Prima Indonesia Logistik mengelola depo kontainer seluas 17 hektar di Belawan. Disamping itu, perseroan juga mengembangkan usaha melalui kerjasama pengoperasian dengan cabang-cabang Pelindo I, yakni di Dumai, Pekanbaru, Tanjung Pinang dan BICT (Belawan International Container Terminal)

PT Prima Indonesia Logistik bekerjasama mengelola depo di Palembang. Selan itu, dengan PT Kawasan Industri Medan, perseroan bekerjasama untuk menangani kegiatan bongkar muat peti kemas di Belawan. Perseroan juga bekerjasama untuk mengelola dry port di Sei Mangke dengan PT Kereta Api Logistik. (AS)

Leave a Reply

Leave a facebook comment