Demi Kualitas Pembangunan, Kempupera Dorong Peningkatan SDM Ahli
Adri Muhammad Feb 15, 2019 0 Comments

Demi Kualitas Pembangunan, Kempupera Dorong Peningkatan SDM Ahli

Jakarta, BisnisPro.id-  Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) terus berupaya untuk mewujudkan persebaran pembangunan infrastruktur yang merata dan berkualitas. Hal ini harus didukung dengan kesiapan sumber daya jasa konstruksi yang meliputi material, peralatan dan teknologi, kompetensi tenaga kerja serta Badan Usaha Jasa Konstruksi.

Guna mendukung pemenuhan kebutuhan sumber daya konstruksi tersebut, terutama inovasi teknologi konstruksi, pengembangan kompetensi SDM ahli konstruksi dan material peralatan konstruksi, maka Kempupera bekerjasama dengan PT Debindo-ITE, Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Intakindo), Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) berencana akan menyelenggarakan Pekan SDM Ahli Jasa Konstruksi yang digelar bersamaan dengan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Intakindo dan IndoBuildTech Expo 2019, pada tanggal 20-24 Maret 2019 di ICE BSD-City.

“Melalui penyelenggaraan kegiatan tersebut, saya berharap akan mendorong insan-insan di sektor konstruksi untuk bertemu dan berkoordinasi sehingga tercipta inovasi-inovasi terbaru untuk mendukung Pembangunan Infrastruktur sekaligus mendukung Pengembangan SDM sebagaimana arahan Presiden RI,” ungkap Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Syarief Burhanuddin saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis (14/2).

Pekan SDM Tenaga Ahli Konstruksi yang diselenggarakan Pemerintah bekerjasama dengan para stakeholder ahli kontruksi itu dilaksanakan sebagai upaya percepatan program sertifikasi tenaga kerja konstruksi. Dirjen Bina Konstruksi PUPR berupaya untuk meningkatkan sertifikasi para ahli konstruksi di Indonesia dengan bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) dimana mereka akan membagikan 3000 sertifikat keahlian (SKA) kepada seluruh tenaga ahli konstruksi di Indonesia.

Dalam acara tersebut juga akan digelar pameran IndoBuildTech Expo 2019 berskala internasional yang diikuti lebih dari 550 peserta pameran dari dalam dan luar negeri, serta Instansi dan puluhan asosiasi jasa konstruksi pendukung.

“Dalam pameran pameran IndoBuildTech Expo 2019 itu, kami berkerjasama dengan 23 asosiasi profesi dan asosiasi perusahaan kontruksi di semua bidang. Selian itu, kita juga akan menggelar 121 kegiatan bussines program sebagai wahana interaksi dan presentasi langsung antara pakar, profesional, pejabat yang terkait dunia kontruksi dan arsitektur, serta para pemimpin pasar produk material bangunan dan interior guna saling bertukar infromasi dan gagasan untuk memajukan pembangunan di Indonsia,” tutur Effi Setiabudi, Presiden Direktur PT Debindo ITE.

Dengan mengusung tema ‘Architecture 4.0 Zone’ akan juga menampilkan kemajuan terkini teknologi digital bidang arsitektur, yang meliputi antara lain Building Information Modeling (BIM) Systems, demo 30 Printing, teknologi digital berbasis Artificial Intelligence (AI), serta dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman interaktif para pengunjung dalam menggunakan Virtual Reality dan Augmented Reality sebagai benchmark dan referensi teknologi pendukung implementasi Architecture 4.0.

Leave a Reply

Leave a facebook comment