Pemerintah Ajak Milenial Untuk Gemar Menabung
Fernandes Jul 30, 2019 0 Comments

Pemerintah Ajak Milenial Untuk Gemar Menabung

Jakarta, BisnisPro.id – Pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah gencar mendorong inklusi keuangan nasional. Salah satu caranya adalah dengan mengajak masyarakat mulai dari anak sekolah sampai mahasiswa untuk gemar menabung.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menjelaskan manfaat jika gemar menabung adalah turut meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) yang ada di sistem perbankan nasional.

Dengan banyaknya DPK yang ada, maka turut membantu pembiayaan untuk perekonomian negara.

“Jika semakin banyak yang menempatkan uangnya di bank maka tak perlu lagi undang modal asing untuk masuk,” kata Darmin di Auditorium BPPT, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Memang, menurut Darmin dana asing yang masuk ke Indonesia untuk investasi. Namun menjadi masalah jika jumlahnya berlebihan.

“Kalau untuk investasi yang katanya penanaman modal asing tidak ada masalah. Yang masalah kalau terlalu banyak uang orang asing masuk ke kita dan diperlukan untuk kebutuhan kita. Baik itu berusaha maupun bukan,” jelas dia.

Darmin mengatakan, jika seluruh rakyat Indonesia rajin menabung maka dapat membantu untuk menutupi kebutuhan investasi nasional. Menurut dia, jika banyak modal asing yang masuk lalu terjadi gejolak di dunia maka akan mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

“Akan pengaruh ke rupiah yang bisa melemah, karena tiba-tiba dana asing itu pulang ke negaranya,” kata dia.

Menurut Darmin, pemerintah berupaya kembali menggerakkan tabungan nasional untuk masyarakat Indonesia.

“Jadi sebagai tumpuan harapan masa depan bangsa. Kalau saudara menabung, saudara sudah mempersiapkan bangsa ini untuk tidak bergantung modal dari luar negeri. Kita bisa menyelamatkan diri dari gejolak keuangan global,” imbuh dia. (me)

Leave a Reply

Leave a facebook comment