Di Bidang Investasi Asing, Indonesia Bersaing dengan Tiga Negara ini

Dian Ardiansyah Oct 18, 2017 0 Comments
Di Bidang Investasi Asing, Indonesia Bersaing dengan Tiga Negara ini

Jakarta, BisnisPro.Id – Malaysia, Thailand dan Vietnam merupakan negara-negara yang menjadi pesaing Indonesia dalam menarik perhatian investasi asing. Itu diutarakan oleh Thomas Lembong, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta, Rabu (18/10/2017).

“Indonesia kini sedang bersaing dengan ketiga negara tersebut untuk menarik perhatian investor asing agar mau berinvestasi di sini,” ujar Thomas yang kerap disapa Tom itu.

Tom mengemukakan, kehadiran investasi asing di Indonesia tidak hanya membuka lapangan pekerjaan, tetapi juga bakal memberikan kemajuan di bidang teknologi dan keahlian. Yang tak kalah penting, itu juga akan memperkuat jaringan perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Tom menjelaskan, Indonesia saat ini sedang menghadapi persaingan yang ketat dengan ketiga negara tersebut untuk menarik masuknya investasi ke dalam negeri. Tantangan utama Indonesia adalah kendala penerbitan izin usaha di daerah-daerah.

“Masalah penerbitan izin usaha di berbagai daerah di Indonesia itu hingga kini masih rumit. Karena itu, BKPM akan menyelesaikan permasalah itu secepatnya,” tutur Tom.

Tom menuturkan, beberapa hal yang menjadi hambatan di dalam menarik investor masuk ke Indonesia adalah mengenai regulasi di tingkat pemerintah daerah, masalah perpajakan, isu tenaga kerja, lahan dan juga infrastruktur.

“Disamping itu, salah satu kendala di pemda adalah terkait dengan berbagai data investor yang masih belum online. Karena itu, BKPM berencana membuat database online yang nantinya dapat digunakan BKPM daerah secara gratis,” papar Thom.

Tom berpendapat, kendala investasi di daerh-daerah harus diselesaikan dengan membangun sebuah sistem yang dapat mengembalikan perizinan itu menjadi berbagai persyaratan dan standar berinvestasi.

Saat ini, banyak berbagai persyaratan dan standar investasi di daerah-daerah tersebut dijadikan perizinan.

Kendati Tom mengakui masih banyak kendala untuk berinvestasi di Indonesia, namun dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak hal yang sudah diselesaikan, antara lain Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang diperkuat dengan tiga jam layanan izin investasi. (AS)

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads