Tito: Tidak Benar, Investor Asing Tinggalkan Pasar Modal Indonesia

Dian Ardiansyah Dec 18, 2017 0 Comments
Tito: Tidak Benar, Investor Asing Tinggalkan Pasar Modal Indonesia

Jakarta, BisnisPro.Id – Data Bursa Efek Indonesia (BEI) per 14 Desember 2017 menunjukkan investor asing telah melakukan aksi jual bersih (net selling) saham bernilai Rp40,3 triliun. Tetapi, nilai saham yang dimiliki investor asing naik sekitar Rp187 triliun, yaitu dari Rp1.691 triliun pada akhir 2016 menjadi Rp1.878 triliun per 14 Desember 2017 lalu.

Menurut Tito Sulistio, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan mempelajari data-data tersebut maka tidak benar jika ada pihak yang menyimpulkan bahwa investor asing tersebut keluar dari pasar modal Indonesia.

“Pasalnya, kendati nilai net selling nya mencapai Rp40,3 triliun, tetapi nilai kapitalisasi pasar saham-saham yang dikoleksi oleh investor asing mengalami kenaikan sekitar Rp187 triliun. Dengan asumsi itu, maka investor asing dinilai tidak pernah meninggalkan pasar modal Indonesia,” papar Tito di Warung Made, Pantai Kuta, Bali, Jumat (15/12/2017)

Lebih lanjut Tito mengibaratkan, investor asing itu memiliki uang Rp1.000. Kemudian, mereka belanjakan uang itu di mini market sebesar Rp100. Jadi berapakan sisa uang mereka?

“Kalau dihitung secara matematis, maka sisa uang mereka itu Rp900, tetapi ternyata uang mereka malahan bertambah menjadi Rp1.200, misalnya. Kenapa bisa demikian, karena mereka memenangkan lotere dari salah satu barang yang dibeli dari mini market tersebut. Jadi, itulah gambaran investor asing tersebut. Mirip-mirip seperti itulah,” papar Tito.

Ketika ditanyakan mengenai investor lokal, di saat yang bersamaan itu, Tito belum memiliki data yang diharapkan dapat memberikan gambaran serupa dengan data investor asing tersebut.

“Tapi saya mau katakan, bahwa nilai kepemilikan saham investor domestik sepanjang tahun ini telah meningkat 15,4%. Hingga kini, mereka belum merealisasikan keuntungan investasinya,” imbuh Tito. (AS)

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads