Jangan Ragu Menjadi Investor Saham

Dian Ardiansyah Dec 20, 2017 0 Comments
Jangan Ragu Menjadi Investor Saham

BisnisPro.Id – Selama ini masyarakat awam dinilai masih enggan dalam permainan saham di pasar modal. Hal ini lantaran banyak anggapan bahwa bermain saham itu sulit dan terkesan seperti halnya perjudian.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir menyatakan, Stigma tersebut masih sering terjadi, maka hal ini perlu dilakukan sosialisasi dalam pelaksanaannya.

“Semua bisa investasi, bukan hanya untuk (kalangan) menengah ke atas yang mengerti akuntansi, tapi bisa untuk semua kalangan, tua, muda, dari berbagai macam latar belakang,” kata Silvano dalam konferensi pers MOST Awards 2017 di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Silvano mengungkapkan, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah persepsi buruk yang muncul di masyarakat mengenai investasi saham. Banyak yang memandang bahwa investasi saham adalah identik dengan judi dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang mengerti keuangan.

Untuk menepis persepsi ini, Silvano, menyebut bahwa pola pikir masyarakat harus berubah, bahwa hal prioritas yang harus dilakukan bukan hanya menabung, tapi juga menginvestasikan uang yang dimiliki. Dan ini tidak bisa dilakukan dalam waktu sekejap.

“Yang perlu diedukasi adalah kalau sudah cukup menabungnya, lalu apa? Edukasi untuk ubah mindset, bukan hanya menabung, tapi investasi juga,” jelas Silvano.

Di waktu  yang sama, Direktur Mandiri Sekuritas Lisana Irianiwati mengungkapkan, di masyarakat masih ada pandangan bahwa investasi saham sukit dilakukan, harus tahu mengenai keuangan, dan harus memiliki perangkat komputer. Padahal, kata dia, investasi saham bisa dilakukan dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja.

“Itu tantangan kita. Kami menjelaskan bahwa perdagangan saham bisa dilakukan dengan mudah dan kapan saja,” tutur Lisana.

Hal ini pun yang mendasari Mandiri Sekuritas menghadirkan layanan aplikasi MOST atau Mandiri Online Stock Trading. Adapun MOST Awards 2017 adalah penghargaan kepada nasabah yang memiliki kisah inspiratif dalam berinvestasi di pasar modal.

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads