Pefindo Terbitkan Indeks Pefindoi-Grade

Dian Ardiansyah Dec 21, 2017 0 Comments
Pefindo Terbitkan Indeks Pefindoi-Grade

Jakarta, BisnisPro.Id – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menerbitkan Indeks Pefindo i-Grade yang merupakan indeks saham yang terdiri atas saham-saham pilihan dari 30 perusahaan tercatat yang mrndapatkan investment grade dari pihaknya.

Direktur Utama Pefindo Salyadi Saputra mengatakan, Indeks Pefindo i-Grade merupakan hasil kerjasama antara BEI dengan Pefindo.

“Indeks Pefindo i-Grade dipilih dari saham perusahaan-perusahaan tercatat yang mendapatkan peringkat investment grade atau idAAA sampai idBBB- dari Pefindo,” kata dia di Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Selanjutnya Indeks Pefindo i-Grade dipilih 30 saham kata dia, menggunakan kriteria likuiditas dan ukuran kapitalisasi pasar. Pemilihan saham-saham yang menjadi konstituen indeks Pefindo i-Grade juga memperhatikan kriteria kepatuhan dan indikasi manipulasi perdagangan yang dilihat dari jumlah sanksi suspensi perdagangan dan indikator unusual market activity (UMA) di BEI.

Ia katakan, peninjauan berkala atas konstituen Indeks Pefindo i-Grade juga dilakukan setiap enam bulan, yaitu pada Mei dan Desember, untuk selanjutnya akan diperbaharui setiap hari bursa pertama di Januari dan Juni. Indeks ini menggunakan hari dasar pada 28 Desember 2012 dengan indeks awal 100 poin. (WW)

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads