Rekomendasi dan Pergerakan IHSG Hari Ini, 15 Juni 2021

Admin Jun 15, 2021 0 Comments
Rekomendasi dan Pergerakan IHSG Hari Ini, 15 Juni 2021

Jakarta, BisnisPro.id – Neraca perdagangan disinyalir masih akan berada dalam kondisi stabil akan turut memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG pada Selasa (15/6/2021).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) rentan melanjutkan koreksinya pada perdagangan esok hari (15/6/2021) jelang rilis data neraca perdagangan dan menanjaknya kasus Covid-19. CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menjelaskan pola pergerakan IHSG hingga saat ini tampak masih betah berada di dalam rentang konsolidasi wajar.

“Namun jelang rilis data perekonomian [besok] yaitu neraca perdagangan disinyalir masih akan berada dalam kondisi stabil akan turut memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG,” tulis William dalam riset harian, Senin (14/6/2021).

William menyebut momentum koreksi wajar indeks dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek. IHSG diperkirakan bergerak pada rentang 5.924-6.123 pada Selasa (15/6/2021), dengan rekomendasi saham GGRM, BBRI, ITMG, IINDF, JSMR, TBIG, dan ASRI. 

Analis Indo Premier Sekuritas Mino mengatakan koreksi yang dialami indeks komposit lebih dikarenakan munculnya kekhawatiran investor terkait kondisi pandemi di Indonesia mengingat lonjakan jumlah kasus aktif mulai kembali terjadi.

“Karena lonjakan kasus baru ini diperkirakan akan berlanjut dalam waktu dekat,” katanya kepada Bisnis, Senin (14/6/2021) Di sisi lain, Mino menilai rencana pemberlakuan skema pembobotan baru menggunakan metode free float tidak terlalu memengaruhi perilaku investor dan pergerakan indeks dalam jangka pendek karena perubahan yang terjadi dinilai cenderung tak signifikan.

Sebagai gambaran, dia menyebut berdasarkan aturan pembobotan yang baru tersebut batas maksimalnya 9 persen dan saat ini untuk reksadana bobot maksimal di satu saham 10 persen, yang artinya tak ada yang reksa dana yang bobotnya lebih dari jumlah tersebut.

“Sehingga penyesuaian berdasarkan free float, contohnya BBCA dari 11 persen ke 9 persen, akan berdampak minimal apalagi proses penyesuaiannya selama 3 fase atau cukup lama,” kata dia.

Pada Senin (14/6/2021), setelah dibuka menguat di level 6.110,79 awal perdagangan, IHSG berbalik melemah di sesi II perdagangan hingga akhirnya ditutup di level 6.080,38, menurun 0,25 persen. 

Sumber : Bisnis

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads