DPR Mendukung Energi Nuklir untuk Memenuhi Kebutuhan Energi

Admin Jan 25, 2022 0 Comments
DPR Mendukung Energi Nuklir untuk Memenuhi Kebutuhan Energi

Jakarta, BisnisPro.id – Dengan disusunnya Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Terbarukan (RUU EBT), seluruh potensi energi termasuk nuklir perlu dimaksimalkan. Hal ini bertujuan memperoleh keadilan energi bagi masa depan, bukan hanya ketersediaan energi. 

Dewan Perwakilan Rakyat mendorong pemanfaatan energi nuklir untuk memenuhi peningkatan kebutuhan dalam negeri di masa depan. Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengatakan agar Indonesia memaksimalkan seluruh energi yang ada termasuk nuklir. 

Menurut Sugeng, energi adalah kebutuhan dasar bagi rakyat Indonesia. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan energi nasional juga terus meningkat.

“Untuk itu, diperlukan strategi yang baik guna menyiapkan kebutuhan energi di masa depan, salah satunya melalui bauran energi,” ujar Sugeng dalam keterangan resminya yang dikutip pada Senin (24/1/2022). Sugeng mengatakan, diperlukan bauran energi untuk menyediakan energi yang terjangkau bagi masyarakat. 

Dengan disusunnya Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Terbarukan (RUU EBT), seluruh potensi energi termasuk nuklir perlu dimaksimalkan. Hal ini bertujuan memperoleh keadilan energi bagi masa depan, bukan hanya ketersediaan energi. 

“Kita perlu bersiap, dengan kapasitas nasional yang kita miliki, kita mampu mewujudkan UU Energi Baru dan Terbarukan,” jelasnya.  

Plt. Deputi Infrastruktur Riset dan Inovasi BRIN Yan Riyanto memaparkan, terkait dengan kesiapan BRIN dalam mendukung terwujudnya PLTN di Indonesia, pihaknya membuka peluang bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikannya melalui skema magang di reaktor nuklir BRIN dan menjadi asisten riset. 

“BRIN juga akan melakukan modernisasi ketenaganukliran yang ada, tahap satu adalah melengkapi fasilitas laboratotium dan tahap selanjutnya yaitu revitalisasi reaktor,” terang Yan.

Sementara itu, Plt. Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir BRIN Agus Sumaryanto menyampaikan kesiapan BRIN dalam mengembangkan riset ketenaganukliran di Indonesia.  Agus menjelaskan, saat ini BRIN memiliki tiga reaktor nuklir. Pengelolaan limbah nuklir sudah mampu dilakukan. 

“Fasilitas tersebut ditunjang juga dengan peralatan yang dapat digunakan untuk pengujian bahan bakar PLTN, material, dan lainnya,” ungkapnya. 

Sumber : Bisnis

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads