Reputasi Perusahaan Dapat Dongkrak Kepercayaan Konsumen

Dian Ardiansyah Dec 15, 2017 0 Comments
Reputasi Perusahaan Dapat Dongkrak Kepercayaan Konsumen

Jakarta, BisnisPro.Id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadel Muhammad mendorong perusahaan Indonesia punya reputasi global yang dapat membanggangakan Indonesia di kancah internasional.

“Reputasi global impian semua perusahaan yang bergerak di bidang apapun. Perusahaan dibangun bertahap butuh waktu panjang. Para pakar buat definisi reputasi, persepsi masa lalu dan posepek masa depan,” ujar dia pada acara Indonesia Best Corporate Reputation Award 2017 yang diselenggarakan Warta Ekonomi, Kamis (14/12/2017) malam.

Penilaian mengenai corporate reputation menjadi hal yang penting saat ini. Lanjut dia, reputasi perusahaan yang baik akan mendorong pelanggan atau konsumen dalam pengambilan keputusan untuk membeli barang dan jasa. Reputasi perusahaan yang baik juga menunjukkan sedikit-banyaknya pelanggan serta keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Ia katakan, perusahaan yang mempunyai reputasi baik akan lebih menarik bagi calon karyawan yang berkualitas, mendapatkan peliputan media massa secara gratis sehingga tidak memerlukan biaya iklan yang besar, dan mendapatkan manfaat lain yang berkontribusi terhadap laba perusahaan. Dengan demikian, reputasi perlu dikelola sebaik mungkin agar dapat memperoleh manfaat-manfaat tersebut.

“Di masa lalu, perusahaan melakukan pendekatan secara pasif dalam mengelola corporate reputation dengan membentuk tim ketika perusahaan menghadapi krisis,” katanya.

Namun, menurut dia, hal ini menyebabkan perusahaan menjadi lebih rentan terhadap eksistensi dan profit perusahaan ketika terjadi masalah. Warta Ekonomi menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Indonesia Best Corporate Reputation Award 2017″ yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang dikenal mempunyai reputasi sangat baik di mata konsumen, serta mendorong agar perusahaan-perusahaan tersebut terus mengelola reputasi perusahaan mereka dalam jangka panjang.

Melalui pemberian penghargaan ini, kata dia,  diharapkan dapat memacu perusahaan-perusahaan lain untuk menjadi lebih proaktif dalam mengelola reputasi mereka.Penelitian “Indonesia Best Corporate Reputation Award 2017″ dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) yang merupakan perusahaan riset independen di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode multistage random sampling pada enam kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Makassar, Semarang, dan Surabaya dengan total 2.000 sampel.

Ia menjelaskan, perusahaan yang punya reputasi tentunya dapat membangun komunikasi efektif karena itu akan menciptakan branding yang pada gilirannya menghasilkan aset.

Soal brand lanjut dia, dikisahkan saat pernah menjadi Gubernur Gorontalo diciptakan brand jagung. “Ketika jadi Gubernur tanpa brand, maka saya bangun jagung menjadi branding Gorontalo padahal produksi jagung lebih kecil dari Sulsel, akhirnya semua petani jual jagung lewat Gorontalo, sampai Makasar jual jagung lewat gorontalo,” katanya. (WW)

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads