YLKI: Konsumen Bermasalah dengan Pedagang, Marketplace Harus Tanggung Jawab

Muhammad Kemal Farezy Nov 12, 2018 0 Comments
YLKI: Konsumen Bermasalah dengan Pedagang, Marketplace Harus Tanggung Jawab

Jakarta, BisnisPro.id – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menegaskan, dalam dunia e-commerce, marketplace sebagai perantara harus ikut bertanggung jawab dalam penyelesaian masalah antara konsumen dengan merchant atau pedagang.

“Marketplace ketika merchant dan konsumen bermasalah, dia punya tanggung jawab untuk mempertemukan dan menyelesaikan,” ujar Pengurus Harian YLKI Sularsih.

Hal ini karena, konsumen belum tentu tahu siapa, di mana dan bagaimana merchant yang ada dalam marketplace tersebut. Oleh karenanya, Sularsih mengimbau agar marketplace tidak lari begitu saja dari tanggung jawab tersebut.

Namun, konsumen pun perlu mengetahui merchant sebelum membelanjakan uangnya untuk membeli barang. Lebih baik lagi jika konsumen juga mencari informasi sebanyak-banyaknya soal merchant yang menjual produk.

“Sebelum memutuskan untuk membeli kita cari informasi sebanyak-banyaknya (soal merchant),” papar Sularsih.

Apabila konsumen asal membeli atau karena tergiur harga murah setelah diskon, bisa saja barang yang dipesannya ini mengecewakan. Ini terjadi jika ternyata merchant tidak bertanggung jawab.

“Banyak yang beli tapi barang tidak dikirim sesuai janji. Contoh lain kasus pembelian kamera yang harganya hanya Rp 100.000, di situ (barang) masih ada dan konsumen ini beli. Ada yang dikirim dan ada yang tidak sesuai sama yang dijanjikan,” jelas Sularsih.

Tak lupa, Sularsih juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap bijaksana dalam membelanjakan uangnya apalagi saat ini sedang marak diskon karena mendekati akhir tahun.

“Hati-hati terhadap diskon, (barang) spesifiknya harus jelas, karena itu akan mempengaruhi harga,” tandas dia. (me)

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads