Dorong UMKM, BNI Salurkan KUR Rp 67,7 Triliun

Muhammad Kemal Farezy Sep 18, 2019 0 Comments
Dorong UMKM, BNI Salurkan KUR Rp 67,7 Triliun

Jakarta, BisnisPro.id – Untuk mendorong pengembangan UMKM di Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) terus kucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selama periode Januari hingga Agustus 2019, BRI berhasil menyalurkan KUR senilai Rp 67,6 triliun kepada lebih dari 3,2 juta debitur.

Ini setara dengan 77,73 % dari target penyaluran KUR BRI yang di breakdown oleh Pemerintah di tahun 2019 yakni sebesar Rp 86,97 triliun.

Apabila ditotal, sejak KUR diluncurkan pada tahun 2015 hingga saat ini jumlah KUR yang telah disalurkan Bank BRI mencapai Rp 303 triliun kepada lebih dari 15,8 juta pelaku UMKM.

Corporate Secretary Bank BRI Hari Purnomo mengungkapkan bahwa KUR Mikro masih mendominasi penyaluran KUR BRI dimana penyalurannya telah mencapai Rp 59,4 triliun. Sisanya yakni KUR Kecil mampu disalurkan sebesar Rp 8 triliun dan KUR TKI sebesar Rp 122 miliar.

“Bila dirinci, untuk KUR produktif didominasi oleh sektor pertanian dengan jumlah sebesar Rp 18 triliun,” jelasnya di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Salah satu pendorong penyaluran KUR BRI yakni program Kewirausahaan Pertanian, dimana hingga saat ini Bank BRI telah memiliki 286 daerah binaan di seluruh Indonesia. Bank BRI bahkan melakukan program clustering dalam mendorong UMKM naik kelas.

Tujuan dari clustering yang dilakukan oleh BRI diantaranya membentuk sebuah financial close system, memudahkan akses pasar, promosi dan networking, kemudahan dalam menyediakan off taker serta pembinaan yang lebih terfokus.

Penyaluran KUR yang dilakukan oleh Bank BRI terbukti memiliki peranan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini ditunjukkan pada hasil riset social finance dan sustainable finance tentang creating shared value (CSV) terhadap KUR dan Kupedes BRI.

Riset ini dilakukan oleh Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia pada akhir tahun 2018 lalu.

Berdasarkan riset dengan metode kuantitatif yang dilakukan kepada 80.090 nasabah KUR dan 95.195 nasabah Kupedes BRI, menunjukkan bahwa nasabah menganggap penyaluran KUR dan Kupedes BRI memiliki peran dalam membantu nasabah untuk menciptakan shared value dari proses redefinisi produk dan pasar, serta dari proses perbaikan produktivitasnya. (nds)

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads