Ekspor Gas di Stop ? Minat Investasi Hulu Migas Bakal Menurun

Admin Aug 25, 2021 0 Comments
Ekspor Gas di Stop ? Minat Investasi Hulu Migas Bakal Menurun

Jakarta, BisnisPro.id – Ada rongga yang sangat besar antara produksi gas dan permintaan gas di dalam negeri.

Rencana pemerintah untuk menyetop keran ekspor gas pada 2036 dinilai dapat memengaruhi minat investasi di sektor hulu minyak dan gas bumi apabila tidak segera meningkatkan konsumsi di dalam negeri.

Sekretaris Sekretaris Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Taslim Yunus mengatakan pada 2030 pemerintah memiliki rencana jangka panjang atau long term plan (LTP) untuk mencapai produksi gas sebesar 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD).

Dari dengan adanya peningkatan produksi yang ada, masih terdapat rongga yang sangat besar antara produksi gas dan permintaan gas di dalam negeri.

“Oleh sebab itu kalau tidak dibuka ekspor juga kurang menarik investor untuk melakukan investasi gas di indonesia ini,” katanya dalam Penggunaan Gas Bumi Menuju Transisi Energi, Selasa (24/8/2021).

Taslim menuturkan sejak 2012 sampai dengan 2021, pertumbuhan rata-rata pemanfaatan gas bumi oleh pembeli dalam negeri hanya berkisar 1 persen per tahun.

Pada sisi lain, penjualan gas untuk pangsa ekspor mengalami penurunan yang drastis. Dia mengungkapkan, pertumbuhan konsumsi gas di dalam negeri masih lebih rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 4–5 persen per tahun.

“Di sini kita juga mengharap konsumsi domestik ini bisa ditingkatkan lebih besar lagi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional Djoko Siswanto mengatakan sesuai dengan pasal 8 ayat 1 pada UU No22/2021 tentang minyak dan gas bumi disebutkan bahwa pemerintah memberikan prioritas terhadap pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan dalam negeri.

“Adapun di 2036 bahwa kita sudah akan menghentikan ekspor gas, kita manfaatkan di dalam negeri sebagai transisi energi kita menggunakan gas,” ujarnya.

Sumber : Bisnis

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads