Pelajar Asal Tangerang Menang Lomba Internasional, Anggota DPRD Kota Tangerang Minta Disdik Jangan Acuh

Muhammad Kemal Farezy Oct 9, 2021 0 Comments
Pelajar Asal Tangerang Menang Lomba Internasional, Anggota DPRD Kota Tangerang Minta Disdik Jangan Acuh

Tangerang, BisnisPro.id – Prestasi membanggakan berhasil diukir oleh para siswa-siswi Indonesia yang berkompetisi dalam lomba Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) 2021  yang berlangsung pada tanggal 27 September – 1 Oktober 2021 secara online di Mexico.

Pada lomba yang diikuti oleh 21 negara ini, Indonesia berhasil meraih penghargaan pada 5 judul penelitian yang telah didaftarkan. Para siswa-siswa kebanggaan Indonesia ini berhasil memboyong dua medali emas, satu medali perak, serta dua medali perunggu.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Kota Tangerang Tasril Jamal menyampaikan kegembiraannya. Pasalnya, salah satu dari siswa yang berhasil membawa pulang medali tersebut adalah anak kebanggaan Kota Tangerang, Yosua Suwardi.

“Tentu sangat membanggakan melihat bagaimana para pelajar dari Indonesia dapat mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional. Terlebih, ada Yosua Suwardi, anak kebanggaan kita yang berasal dari Kota Tangerang,” kata Tasril.

Adapun Yosua Suwardi bersama pasangannya dengan Angeline Felisca Tanujaya, mewakili SMA Santa Laurensia Alam Sutera, Tangerang Selatan, dan berhasil memboyong medali perak untuk penelitian di bidang Physics and Engineering yang berjudul “Membrane Characterization using Electrochemical Impedance Spectroscopy Method”.

Tasril mengatakan, mencatat prestasi Internasional meski di tengah keterbatasan akibat pandemi adalah hal yang luar biasa. Ia juga mengingatkan kepada para pemenang bahwa tugas belum usai karena “juara sesungguhnya” adalah mereka yang penuh integritas.

“Kemenangan ini adalah prestasi para pelajar Indonesia. Saya tahu, belajar dalam masa ini memang tidak mudah, tetapi pandemi bukanlah satu-satunya tantangan yang kita hadapi. Di depan, masih membentang sederet tantangan yang harus dilalui bersama,” ujar Tasril.

Namun, dibalik kegembiraannya, anggota dewan dari Fraksi PKB ini pun sangat menyayangkan sikap Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang yang dinilai kurang perhatian kepada Yosua Suwardi ini.

Ia melihat sikap Disdik Kota Tangerang masih acuh. Tidak hanya ke Yosua Suwardi saja, namun ke seluruh pelajar khusunya di Kota Tangerang. Ia masih melihat ada banyak pelajar yang notabene berprestasi atau menjanjikan kedepannya, namun, masih kurang dapat perhatian dari Disdik setempat.

“Para bibit-bibit bangsa ini perlu diperhatikan dan juga difasilitasi, ini yang saya lihat masih kurang dari disdik kita. Padahal tujuannya untik menyiapkan para pelajar yang kompeten tidak cuma tingkat nasional tetapi juga di kancah internasional,” ujar Tasril.

Lebih lanjut, Tasril mengatakan, selain memfasilitasi, akan sangat lebih baik jika Disdik juga lebih memperhatikan dan mengapresiasi segala bentuk prestasi di bidang pendidikan yang sudah ditorehkan para pelajar kebanggaan kita. Padahal, menurut Tasril, apresiasi-apresiasi seperti ini bisa menjadi stimulus bagi para pelajar agar dapat termotivasi dan bersaing untuk mengharumkan nama bangsa.

“Apresiasi-apresiasi ini, apapun bentuknya, mau besar mau kecil, tidak masalah. Harapannya apresiasi-apresiasi inilah yang nantinya bisa menjadi motivasi bagi para pelajar untuk membuktikan diri, untuk lebih bisa bersaing. Intinya untuk apa? Tentu saja untuk terus mengharumkan nama Indonesia di bidang pendidikan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads