Rekomendasi dan Pergerakan IHSG Hari Ini, 30 Juni 2021

Admin Jun 30, 2021 0 Comments
Rekomendasi dan Pergerakan IHSG Hari Ini, 30 Juni 2021

Jakarta, BisnisPro.id – Sejumlah saham yang menjadi rekomendasi hari ini adalah ASII, SMGR, BMRI, INDF, TLKM, GGRM, HMSP, dan AKRA.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi cenderung menguat terbatas pada perdagangan hari ini. Namun, investor juga perlu mewaspadai koreksi akibat sentimen Covid-19 yang berpeluangg menekan laju IHSG. Kemarin, (29/6/2021), IHSG naik 0,16 persen atau 9,58 poin menjadi 5.949,05. Total transaksi mencapai Rp11,13 triliun.

Investor asing cenderung melakukan aksi beli dengan net buy Rp99,27 miliar Associate Director of Research and Investment Pilarmas Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai, saat ini IHSG memiliki peluang bergerak bervariatif dengan potensi menguat pada level 5.884-5.992.

Namun, berita terkait dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat mungkin akan menjadi pemberat bahkan menyebabkan koreksi.

“Perhatikan setiap sentimen yang ada di pasar hari ini khususnya mengenai PPKM,” jelas dia dalam riset harian, Rabu (30/6/2021).

Sentimen dalam negeri lainnya, kata Nico, adalah naiknya konsumsi semen seiring dengan kembalinya pembangunan infrastruktur pada 2021 memberikan katalis positif bagi pertumbuhan konsumsi di tahun pemulihan.

Berdasarkan data dari Asosiasi Semen Indonesia, konsumsi semen per Mei 2021 turun lebih dari 1 juta ton secara bulanan menjadi 3,68 juta ton. Namun realisasi tersebut lebih tinggi jika dibandingkan realisasi pada Mei 2020.

“Naiknya konsumsi semen dari dalam negeri merupakan cerminan terhadap membaiknya perekonomian di mana pembangunan infrastruktur diharapkan mampu menopang konsumsi dalam negeri ke arah perbaikan,” kata dia.

Sementara itu, CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menjelaskan, gelombang tekanan dalam pergerakan IHSG terlihat belum akan berakhir. Level support IHSG nampak kembali diuji kekuatannya.

“Minimnya sentimen yang diakibatkan oleh lambatnya roda perputaran perekonomian akan turut membayangi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang,” jelas dia dalam riset harian.

Alhasil, lanjut William, penurunan IHSG masih lebih besar dibanding peluang naiknya. Hari ini IHSG masih berpotensi terkonsolidasi dengan kisaran 5.913 – 6.123. Pihaknya merekomendasikan saham-saham yang bisa dicermati antara lain ASII, SMGR, BMRI, INDF, TLKM, GGRM, HMSP, dan AKRA.

Sumber : Bisnis

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads