Anies Bangun Rusun bagi Warga Tergusur Eks Kampung Bukit Duri

Admin Oct 7, 2021 0 Comments
Anies Bangun Rusun bagi Warga Tergusur Eks Kampung Bukit Duri

Jakarta, BisnisPro.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pencanangan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh bagi warga eks Kampung Bukit Duri, di Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (7/10/2021). Warga ini merupakan warga yang menjadi korban penggusuran pada September 2016 lalu.

Dalam sambutannya, Anies menegaskan bahwa Jakarta merupakan kota milik semua, bukan kota bagi mereka yang ber-uang saja. Karena itu, kata Anies, siapapun berhak mempunyai tempat tinggal yang layak di Jakarta.

“Kota ini adalah milik kita semua, bukan hanya yang ber-uang tapi siapa saja warga Jakarta berhak untuk punya tempat tinggal yang layak, harus,” ujar Anies.

Anies mengatakan, dengan meresmikan pembangunan Rusun Cakung untuk warga eks Kampung Bukit Duri, maka janjinya mulai dilunasi dengan menyediakan perumahan yang layak bagi warga korban penggusuran. Menurut Anies, proses pembangunan ini membutuhkan kesabaran karena harus dilakukan dengan cara yang benar.

“Harus dikerjakan dengan cara yang benar. Dan cara yang benar memerlukan proses, memerlukan kesabaran. Saya mengucapkan terima kasih, para warga eks Bukit Duri, semua yang sabar mengikuti proses ini, pelan proses ini, pelan prosesnya tapi insyaallah benar, sehingga bapak ibu sekalian bisa tinggal dengan tenang sampai generasi berikutnya,” ungkap Anies.

Selain itu, kata Anies, semangat di balik pembangunan Rusun Cakung ini adalah memberikan keadilan sosial bagi semua warga. Menurut Anies, tujuan dirinya berada di pemerintahan karena ingin mewujudkan keadilan sosial sehingga pengalaman penggusuran pada 2016 lalu harus menjadi pelajaran penting bagi yang berada di pemerintahan, di aktivitas masyarakat maupun pendamping masyarakat.

“Jadi kalau DKI ditanya apa sih satu kalimat jadi pegangan kita semua untuk tujuan mengapa kita berada di pemerintahan, satu kalimat saja menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat di Jakarta. Jadi, urusan apapun check, ini cocok tidak dengan prinsip keadilan sosial, kalau tidak cocok, perbaiki. Makanya kita ingin betul hadirkan rasa keadilan, kalau ada itu, ada kesetaraan kesempatan, dari sana muncul persatuan, muncul kedamaian, muncul saling menghargai, tapi meraihnya dari mana? Dari hadirnya rasa keadilan,” pungkas Anies.   

Sumber : Bisnis

Leave a Reply

Leave a facebook comment

Kurs Hari Ini

Update Covid-19 Hari Ini

Banner Ads